Pentingnya Berbahasa




Oleh : Durotun Nisa’

Bahasa merupakan alat komunikasi yang digunakan oleh manusia untuk berinteraksi. Bahasa yang digunakan oleh manusia mencakup dua hal yaitu vokal yang dihasilkan oleh alat ucap manusia dan arti atau makna yang diucapkan oleh alat ucap manusia tersebut. Dengan bahasa manusia mampu mengungkapkan sesuatu maupun yang diinginkan pada orang lain baik secara lisan maupun tulisan.

Bahasa adalah sikap verbal yang dilakukan oleh manusia atau sekelompok masyarakat (Mamluatul Hasanah, 2010:12). Bahasa digunakan sebagai alat komunikasi hubungan interaksi sosial dalam hal ini dipakai sebagai media komunikasi antar indivindu yang ada dalam masyarakat dapat berupa perkataan maupun tulisan. Kemampuan manusia berkonsep dan berfikir untuk mengaplikasikannya dalam bentuk konsep berbahasa.

BACA JUGA – Mahasiswa ITS Sabet Juara Di China

Setiap bahasa memiliki kaidah-kaidah tersendiri yang membedakan dengan bahasa yang lain yang telah digunakan oleh setiap manusia. Tujuan berbahasa adalah dapat mengungkapkan pemikiran, kemauan dan keinginan kepada lawan komunikasinya. Tujuan bahasa adalah mengungkapkan tujuan sang pembicara melalui perantara suara yang dikeluarkan dari lisan (Mamluatul Hasanah, 2010: 80). Perbedaan antara manusia dengan makhluk yang lain adalah kemampuan berbahasa, dan kemampuannya dalam mengekspresikan apa yang dipikirkan melalui bahasa, sebagaimana firman Allah :

Artinya : Dia menciptakan manusia dan Dia yang mengajarkan kepada manusia cara menjelaskan segala sesuatu (QS. al-Rahman: 3-4)

Kemampuan manusia dalam berbahasa merupakan kemampuan rasional yang dianugrahi oleh Allah SWT. Sebagai alat komunikasi, bahasa merupakan saluran pikiran, perasaan, dan pandangan yang disampaikan melalui bahasa. Ketika kita menggunakan bahasa untuk komunikasi, artinya kita sudah melaksanakan tujuan dari berbahasa. Kita ingin menyampaikan pendapat atau gagasan yang diterima oleh orang lain. Kita ingin membuat orang lain yakin terhadap pandangan kita. Kita ingin mempengaruhi orang lain. Agar ini semua tercapai maka penggunaan bahasa sebagai media untuk mengaplikasikannya. Pentingnya berbahasa dapat dilihat dari fungsi bahasa itu sendiri. Bahasa berfungsi untuk mengekspresikan keinginan manusia. Kondisi manusia sebagai makhluk berfikir maka manusia mempunyai keinginan dan kemampuan yang ingin disampaikan .

Dengan kondisi manusia sebagai makhluk sosial maka manusia mengungkapkan sesuatu dalam pikirannya sehingga ada hubungan timbal balik dalam interaksi sosialnya. Bahasa sebagai media untuk berkomunikasi. Bahasa dalam kehidupan sosial dapat melestarikan hubungan-hubungan sosial antar manusia, sehingga hubungan sosial dapat terjaga dengan baik.

Salah satu fungsi bahasa yang paling penting adalah bahasa sebagai alat komunikasi. Dalam komunikasi manusia atau individu dapat mengungkapkan pendapat dan gagasan maupun informasi yang diperoleh. Dalam berkomunikasi diharapkan manusia berbahasa secara sopan, halus, dan menyenangkan sehingga dapat membuat hubungan komunikasi tersebut baik. Penggunaan bahasa sangat penting karena dapat membuat persatuan ataupun kesatuan dan mencegah perpecahan. Dengan bahasa yang baik secara lisan maupun tulisan kita dapat mendapatkan hubungan sosial yang baik dan mendapatkan informasi dari komunikasi yang dilakukan.

(Durotun Nisa’, salah satu pengajar di Madrasah Aliyah Negeri Mojokerto)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 350 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

2 Trackbacks / Pingbacks

  1. 7 Guru Indonesia Perdalam Bahasa dan Budaya Jepang di Negeri Sakura – Rumah Pendidikan
  2. Tutur Kata Tulisan – Rumah Pendidikan

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.