Tingatkan Publikasi Ilmiah di PTKIS, FOREDJ Gelar FGD




JOMBANG– Forum Redaktur Jurnal (FOREDJ) yang ada di bawah naungan Kopertais IV Surabaya, mengadakan Halal bi Halal dan Focus Group Discussion. Kegiatan ini guna menumbuhkan dan meningkatkan dedikasi dan kemampuan dalam tata kelola jurnal berbasis Open Journal System versi 3.0.2.

Acara yang dibuka oleh Ketua STIT UW Jombang, Prof. Dr. Hj. Istibsjaroh, SH., M.Ag. dan berlangsung di Gedung STIT UW di Jalan Cukir Mojowarno Jombang pada Senin (31/7) hingga Selasa (1/8) ini sebagai bentuk perwujudan dalam hal peningkatan publikasi ilmiah.

Acara yang bertajuk “Merajut Ukhuwah melalui Jurnal Ilmiah” ini dibagi menjadi 2 kelas, yaitu kelas ARJUNA dan SINTA, Kelas Arjuna, yang merupakan kelas untuk pengelola jurnal tingkat Mahir, berdiskusi tentang indeksasi Moraref, tahapan indeksasi jurnal ke DOAJ dan sekilas tentang Scopus. Adapun materi untuk kelas Sinta (Pemula) meliputi: (1) prosedur pengurusan ISSN cetak dan online, Indeksasi tingkat rendah, serta layout OJS tingkat awal, ungkap Ketua Umum Foredj Kopertais IV Surabaya, Didik Supriyanto, yang juga dosen di STITNU Al Hikmah Mojokerto.

Selain materi tersebut di atas, panitia juga menyelenggarakan kuliah umum tentang Hak Kekayaan Intelektual, yang lebih dikenal dengan sebutan HKI, dan disampaikan oleh Kepala HKI UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Dedi Sulaeman, MA.

BACA JUGA – Sekolah & Relasi Komunikasi

Selain berdiskusi tentang Tata Kelola Jurnal, Nara Sumber juga membahas tentang kiat-kiat menuju jurnal terakreditasi. Materi tersebut disampaikan oleh pakar publikasi ilmiah dari Kopertais Wilayah IV Surabaya, Nur Hasib, S, Kom. Dan juga dari pengelola jurnal terakreditasi At Tahrir IAIN Ponorogo, M. Harir Muzakki, M.HI

“Acara Foredj Kopertais IV kali ini luar biasa, saya sebagai tuan rumah cukup terkejut dengan jumlah peserta yang datang, pada awalnya panitia bilang kepada saya bahwa jumlah peserta kisaran 40 pengelola jurnal. Namun, ternyata yang hadir ada kisaran 70 peserta, termasuk dari PTU”, ungkap Ahmad Budiyono (Panitia lokal dari STIT-UW Jombang).

Melalui kegiatan ini, kami berharap dapat mengukur kemampuan jurnal-jurnal kami agar dapat memenuhi persyaratan minimum akreditasi nasional bahkan diajukan sebagai jurnal internasional”, ujar M. Syaifudin sebagai salah satu peserta kegiatan tersebut.

Hari Prastyo (IAI Uluwiyah Mojokerto), ketua Panitia Halal bi Halal dan Focus Group Discussion mengatakan, acara ini diikuti oleh sekitar 70-an pengelola jurnal se-Kopertais IV Wilayah Surabaya yang meliputi wilayah Jawa Timur, Bali, NTB, dan NTT serta beberapa dari perguruan tinggi umum seperti Universitas Muhammadiyah Ponorogo, dengan membawa hasil untuk kelas Arjuna dengan mengindekskan ke lembaga indexing kelas menengah seperti Moraref dan DOAJ, sedangkan output untuk kelas Sinta adalah sudah melakukan submit pada Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) [did]

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 350 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.