ITS Raih Dua Juara MTQ Mahasiswa Nasional XV 2017




Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) Mahasiswa Nasional ke-15 resmi ditutup Jumat (04/08). Penutupan kegiatan MTQMN XV 2017 ini diselenggarakan di Gedung Graha Cakwala Universitas Negeri Malang (UM). Dari pengumuman yang disampaikan panitia dalam MTQMN-XV 2017 bahwa Kafilah Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya berhasil meraih Juara III cabang Musabaqah Qira’ah Sab’ah putri oleh Maulidella dan Juara Harapan III cabang Musabaqah Hidzil Qur’an 10 Juz putri oleh Atikah Shoutul Ishlah.

Dalam agenda ini, Universitas Negeri Malang kembali membawa pulang gelar juara umum setelah berhasil menang di beberapa kegiatan lomba. Pretasi ini juga sangat membanggakan mengingat bahwa Universitas Negeri Malang telah menjadi juara umum 3 kali berturut turut. Sementara itu pada MTQMN XV 2017 peringkat kedua oleh Universitas Brawijaya, peringkat ketiga diraih Universitas Negeri Padang.

Menariknya, dalam acara penutupan ini dihadiri oleh Prof. Ainun Na’im Ph.D, M.B.A selaku Sekretaris Jendral Kemenristek Dikti Republik Indonesia dan Prof. Ir Heru Setyawan, MEng PhD, bersama dosen Agama Islam di lingkungan kampus ITS Surabaya.

BACA JUGA – Teknik Sipil ITS Sukses Gelar Konferensi Internasional

Ainun Na’im merasa bangga dan bahagia atas terlaksananya acara nasional yang dilakukan selama sepekan di Universitas Brawijaya dan Universitas Brawijaya Malang. “Terimakasih untuk Universitas Brawijaya dan Universitas Negeri Malang yang sudah menjadi tuan rumah untuk kegiatan MTQMN XV 2017,” ungkapnya.

“Sangat diapresiasi pelayanan yang sudah diberikan untuk semua peserta, official maupun dewan juri MTQMN 2017,” imbuhnya.

Ainun menjelaskan pentingnya acara nasional ini untuk terus dilanjutkan di tahun berikutnya. “Karena, melalui kegiatan ini kita dapat melihat dampak langsung Al-Qur’an kepada semua, khususnya untuk pembaca dan pendengarnya, dengan begitu kita dapat menyiarkan ilmu yang ada di dalam Al-Qur’an yang sudah kita pahami,” jelasnya.

Pada gelaran akbar ini, ITS Surabaya mengirimkan 28 mahasiswa/ mahasiswi yang tampil mengikuti perlombaan. Sebagaimana diketahui bahwa dalam MTQ Mahasiswa 2017 cabang yang dilombakan sejumlah 13 cabang antara lain Musabaqah Tilawatil Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Qira’ah Sab’ah, Musabaqah Fahmil Qur’an, Hifdzil 5 dan 10 juz, Debat Kandungan Al Qur’an (Bahasa Inggris) serta Lomba Karya Tulis Al Qur’an.

Pada malam acara penutupan MTQMN XV 2017, dimeriahkan dengan Islamic Opening Dance, penampilan Qori’ asal kepulauan Riau, Orkestra, penampilan paduan suara, dan persembahan musik dari Fatin Shidqia Lubis. (Humas ITS).

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 357 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.