UMSurabaya Dorong UKM tingkatkan Kuantitas dan Kualitas Produksi




Perkembangan ekonomi makro tidak terlepas dari perkembangan ekonomi mikro, jika secara makro ekonomi berkembang, maka secara makro ekonomi akan turut ikut berkembanga. Berkembangan ekonomi makro diantara dipengaruhi oleh perkembangan Usaha Kecil Menengah (UKM). Universitas Muhammadiyah Surabaya, selaku perguruan tinggi yang memiliki motto enterpreneurship, mendorong UKM untuk dapat meningkatkan kapasitas produksi dan kualitas produksi.

Universitas Muhammadiyah Surabaya melalui Program Kemitraan Masyarakat (PKM) memberikan pendampingan kepada UKM-UKM di Daerah Gresik. Utamanya di UKM Busana Muslim Pria di Bungah Gresik. Kedua UKM tersebut adalah UKM Busana Muslim Pria Baju Takwa Bin Afifi dan UKM Songkok Nasional Tiga Kunci.

Program Kemitraan Masyarakat (PKM) ini diketuai oleh : Dr. Muhammad Arfan Mu’ammar, M.Pd.I dan dianggotai oleh : Mukayyat al-Amien, S.Sos.I., M.Sosio.

Serah Terima Alat Produksi UKM Songkok Tiga Kunci

Untuk meningkatkan kapasitas produksi, baik secara kuantitas maupun kualitas, peneliti memberikan bantuan penambahan alat produksi dan penambahan modal usaha. Penambahan alat produksi digunakan agar kapasitas produksi dapat meningkat, dikarenakan kendala UKM saat ini adalah terbatasnya alat produksi. Selain itu, peneliti juga memberikan bantuan berupa modal usaha, karena selain terbatasnya alat produksi, UKM juga terbatas pada modal usaha, sehingga dia tidak dapat memenuhi pesanan dalam kapasitas yang besar.

Adapun alat produksi yang ditransfer ke UKM adalah mesin Jahit Songkok dengan tipe JUKI DDL-8100E dan mesin lubang kancing dengan tipe ELNOSS 781.

Mesin Jahit Merk Juki Tipe DDL-8100E
Mesin Lubang Kancing Merk Elnoss Tipe 781

Selain memberikan penambahan alat produksi, peneliti juga memberikan pendampingan terkait manajemen marketting online dan membuatkan blog khusus untuk memasarkan produk UKM. Adapun blog tersebut dapat di kunjungi di http://busanamuslimpria32.blogspot.com/

Pendampingan manajemen marketting Online UKM Baju Takwa Bin Afifi
Pendampingan Manajemen Marketing Online UKM Songkok Tiga Kunci

 

 

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 318 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.