ITS SABET DUA GELAR DI NUDC 2017




SURABAYA – Kompetisi bergengsi debat bahasa Inggris, National University Debating Championship (NUDC) kembali di gelar, Minggu (3/9). Acara tahunan yang digelar oleh pemerintah melalui Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemristekdikti) tersebut mengantarkan ITS mendapat dua gelar dalam kompetisi.

Berlangsung di Universitas PGRI Semarang, delegasi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya harus bersaing dengan 336 orang peserta dari 112 Perguruan Tinggi di Indonesia. 112 Tim yang telah lolos seleksi tingkat wilayah ini memperebutkan gelar juara nasional yang terdiri dari dua kategori main draw dan novice.

Kategori main draw diperuntukkan bagi peserta yang pernah memenangi lomba debat tingkat nasional atau Internasional sebelum mengikuti NUDC, sedangkan kategori novice diperuntukkan bagi peserta yang belum pernah menang pada lomba debat tingkat nasional. Selain debat juga dilaksanakan lomba non debat yaitu public speaking dan essay writing.

BACA JUGA – ITS Jajal Kompetisi Maritim Hydrocontest di Prancis

Di babak grand finals, ITS harus melawan tiga tim debater dari Universitas Negeri Malang (UM), Universitas Gajah Mada (UGM), dan Universitas Indonesia (UI). Sayangnya ITS belum bisa mengantongi gelar juara nasional.

Meskipun begitu, delegasi ITS telah menorehkan dua gelar pada kompetisi yang telah diselenggarakan kali kesepuluh ini. Adalah Muhammad Itqon Askary dan M Abdan Syakura yang menjadi 2nd Runner Up dalam kategori Main Draw. Muhammad Itqon Askary juga mengantongi gelar 8th Best Speaker dalam kategori Main Draw Best Speaker.

Hadir untuk menutup acara, Direktur Kemahasiswaan Pembelajaran dan Kemahasiswaan (Belmawa) Kemenristekdikti Dr Didin Wahidin, MP.d memberikan ucapan selamat, dan memberikan penghargaan kepada para juara.

Kegiatan ini amat strategis. Suasana kompetitif seperti ini masih harus terus dikembangkan untuk mencari orang-orang terseleksi untuk menjadi duta Indonesia dimata Internasional,” pungkas Didin. (Humas ITS)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 282 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*