3 Mahasiswa ITS Menang Tender di UNS Solo




Tim CT-Bima Karya yang terdiri dari Zen (kiri), Yuda, dan Dimas berfoto bersama setelah lomba Tender Fondasi Day di UNS

SURABAYA – Mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS) kembali menuai prestasi skala nasional. Kali ini tiga mahasiswa Diploma Sipil ini berhasil menyabet juara dua dalam lomba simulasi tender sebuah proyek pada ajang Tender Fondasi Day yang diselenggarakan oleh Universitas Sebelas Maret (UNS), Sabtu (4/11/17). Adapun proyek yang dijadikan bahan dalam tender itu sendiri adalah gedung laboratorium fakultas pertanian UNS.

Tim yang diberi nama CT-Bimakarya diketuai oleh Erfandi Zen Variamen dan dua anggotanya, yakni Yuda Nirwan, dan Dimas Yudhistira. Latar belakang tim CT-Bimakarya mengikuti lomba ini ialah ketiganta memiliki ketertarikan yang sama terhadap lomba yang bertemakan estimasi dan schedule proyek. Selain itu, Zen, nama sapaan ketua tim menjelaskan Ia ingin membandingkan sistem lomba yang ada disana dengan D’Village (Big Event Himpunan Mahasiswa Diploma Sipil (HMDS) ITS, red).

Pada lomba kali ini, setiap tim diminta untuk menghitung rancangan anggaran biaya dan menentukan jadwal metode pelaksanaan proyek tersebut. “Tim yang memiliki biaya dan waktu realistik yang maju ke babak final,” papar Zen

BACA JUGA – Konsepkan Gelombang Laut untuk Menerangi Pulau Terpencil

Adapun dalam pembagian tugasnya disesuaikan dengan keahlian masing-masing. Zen bertugas dalam perhitungan arsitektur, Yuda dibagian perhitungan struktur bangunan dan Dimas bagian penyusunan laporannya.

Diakui oleh Zen tantangan yang dihaadapi dalam lomba ini ialah karena ilmu terkait tender masih sangat kurang karena baru akan diajarkan semester tujuh. “Belum lagi belum ada mahasiswa diploma yang ikut lomba serupa. Tidak ada teman untuk bertukar pikir,” jelas Ketua HMDS tersebut .

Walaupun begitu, Zen mengaku merasa puas atas usahanya selama ini . Zen juga membocorkan kunci sukses untuk menang tender yaitu berdoa dan berusaha berkali – kali. “Intinya dicoba terus, sering -sering ikut lomba tender. Sekarang baru terasa hasilnya ketika sudah benar-benar berhasil”, tungkasnya. (Red)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 318 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.