Wajah Baru MMT-ITS Kampus Tjokroaminoto




SURABAYA – Kampus ITS Tjokroaminoto, yang ditempati oleh Departemen Manajemen Teknologi ITS (MMT-ITS) adalah kampus yang terletak sangat strategis di tengah Kota Surabaya. Untuk meningkatkan kenyamanan civitas akademika MMT-ITS, maka kampus ini direnovasi.

Menurut Christiono Utomo, Ph.D, selaku Sekretaris Departemen Manajemen Teknologi FBMT ITS, bahwa setelah direnovasi, kampus ini lebih menunjukkan karakter modern yang simpel, fungsional, bersih, stylish, dan tentunya sesuai dengan perkembangan zaman. “Dinding berwarna putih dan tampak depan yang didominasi kaca menampilkan keterbukaan dan keramahtamahan”, ujarnya.

Renovasi yang mulai dikerjakan sejak Mei 2017 dan selesai pada Januari 2018 ini menggunakan berbagai skema pembayaran. “Tahun baru, tahun ajaran baru, mahasiswa baru, gedung baru, semangat baru”. Wajah baru gedung MMT-ITS seolah menyambut kedatangan mahasiswa baru semester genap 2017/2018 yang melaksanakan kuliah penyegaran. Program persiapan perkuliahan ini dijadwalkan berlangsung selama dua minggu sejak Senin (15/1/2018). Sejumlah mahasiswa menyampaikan kekaguman terkait perubahan yang semakin baik dari sisi gedung maupun fasilitas MMT-ITS. “Berbeda sekali saat pertama kali ke MMT untuk asistensi tugas akhir S1 dengan Dosen pembimbing saya. Saat ini, semakin banyak fasilitas baru bahkan gedungnya semakin bagus,” ungkap Ihsan Prasetya, Mahasiswa baru Manajemen Industri MMT-ITS.

BACA JUGA – CommTECH ITS, Summer Course Terbaik di Asia

Perubahan kesan Modern Kampus MMT-ITS tidak hanya dari tampak luar saja. Renovasi bagian dalam guna menunjang fasilitas kampus MMT-ITS telah berlangsung beberapa waktu sebelum renovasi eksterior kampus ITS Tjokroaminoto. Renovasi bahkan sudah dimulai bulan November 2016. Renovasi yang dilakukan oleh manajemen MMT-ITS antara lain perluasan ruang perpustakaan MMT-ITS. Perpustakaan tidak hanya menjadi ruang baca saja, tetapi juga terdapat lounge dan ruang komputer yang dapat diakses mahasiswa dengan kecepatan internet prima. Ruang komputer yang ada di perpustakaan tersebut dapat dimanfaatkan mahasiswa MMT-ITS untuk mencari referensi, jurnal ilmiah, buku, maupun tesis dengan mengakses katalog yang ada pada sistem informasi perpustakaan MMT-ITS. Bahan bacaan yang disediakan juga semakin beragam, antara lain tesis, serta majalah bisnis populer seperti Harvard Business Review, Monocle, dan lainnya.

Pembenahan ruang kelas juga mulai dilakukan secara bertahap. Salah satu ruang kelas yang telah direnovasi adalah ruang pelatihan eksekutif. Fasilitas ruang pelatihan eksekutif yang dimiliki meliputi meja dan kursi pelatihan yang nyaman dan movable, sehingga bisa digunakan secara fleksibel pada kelas teori maupun kelas workshop dan kelas diskusi. Selain itu, ruang kedap suara ini dilengkapi dengan LCD dan sound system yang mendukung proses pembelajaran.

Perluasan lobby dan penambahan ruang diskusi juga dilakukan. Bagian depan setelah pintu masuk gedung MMT-ITS dilengkapi dengan sofa yang bisa digunakan untuk tempat berdiskusi mahasiswa. Manajemen MMT-ITS juga menyiapkan ruang diskusi di lantai satu dengan meja dan beberapa kursi yang bisa digunakan untuk belajar kelompok, membahas materi kuliah, mengerjakan tugas, konsultasi tesis, ataupun sekedar berbincang-bincang. Kantin juga bisa menjadi tempat pilihan berdiskusi yang nyaman.

Untuk mempermudah pelayanan kepada mahasiswa, Manajemen MMT-ITS memusatkan ruang administrasi ke dalam satu tempat kerja yang nyaman. Pembaruan ini memudahkan mahasiswa mengurus segala keperluan akademik, administrasi, maupun keuangan dalam satu tempat.

Sarana Ibadah, yaitu Musholla juga diperbaiki. Musholla yang semula terletak di lantai 2 saat ini dipindahkan di lantai 1 dengan kapasitas Musholla yang lebih luas. Shalat maghrib berjama’ah menjadi aktifitas rutin sebelum memulai perkuliahan. Fasilitas hiburan dan olahraga juga ada di lantai 3 MMT-ITS. Ruang yang sebelumnya kosong ini kembali difungsikan. Segala hal yang bisa diperbarui sebisa mungkin untuk dirombak, termasuk juga ketersediaan toilet yang bersih dan modern layak toilet hotel berbintang yang ada di lantai satu gedung MMT-ITS. Seluruh pihak MMT-ITS menyambut gembira renovasi ini, semoga semangat baru yang dibawa oleh gedung ITS Tjokroaminoto memberi dampak positif kepada seluruh civitas akademika. (Red).

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 411 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.