Mahasiswa ITS Kunjungi Volkswagen dan Teknologi Software Tiongkok




SURABAYA – Perjalanan ke Tiongkok benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh rombongan 33 mahasiswa dan dosen kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya.

Kunjungan yang menarik dalam bidang teknologi otomotif dan sofware di Tiongkok dilakukan di sekitar kampus dan kota Dalian, Tiongkok.

Menurut Dr Maria Anityasari selaku direktur International Office kampus ITS bahwa mahasiswa perlu diajak berkunjung ke luarnegeri, khususnya di Tiongkok agar memperoleh banyak inspirasi dan motivasi untuk terus berkarya bagi Indonesia. “Kunjungan semacam ini akan terus dilakukan dengan semangat kolaborasi dan kerjasama untuk pembangunan bangsa melalui kerjasama ITS dengan kampus luarnegeri, termasuk di Tiongkok”, ungkapnya.

Maria menambahkan bahwa Dalian merupakan kota yang terus tumbuh baik dari sisi kampus, kampung dan kotanya. “Banyak hal bisa kita pelajari dari upaya pertumbuhan, pemerataan, pembangunan dan pengembangan yang dilakukan pemerintah Tiongkok disini”, ungkapnya.

Komang Nickita sebagai koordinator mahasiswa ITS ke Tiongkok menyatakan bahwa Mahasiswa diajak berkunjung ke Volkswagen FAW Engine (Dalian) Co. Ltd yang merupakan pabrik yang memproduksi part dari mobil VW.

BACA JUGA – ITS Wadahi Diskusi Terfokus untuk Sigap Siaga Bencana

Menurutnya, peserta diajak berkeliling dan diberikan penjelasan tentang pembuatan spare part dari mobil ini. Proses pembuatan masih menggunakan semi- otomatis. Karena pekerja masih harus mengoperasikan mesin atau mesin tidak otomatis bekerja sendiri tanpa manusia. “Volkswagen engine factory di Dalian ini mulai dibangun tanggal 6 desember 2004. Dampaknya sangat bagus bagi kemajuan masyarakat Tiongkok,” ungkapnya.

Dalam hal ini, lanjut Nickita bahwa mahasiswa ITS menemukan inspirasi pengembangan industri otomotif bagi kemajuan negara. “Nampaknya, mahasiswa banyak yang mengambil gambar saat kunjungan, menandakan adanya hal yang inspiratif dalam perjalanan ke Tiongkok ini,” imbuhnya. (Red)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 322 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.