Robot VI Rose Tampil Gemulai di Babak Penyisihan




SURABAYA – Pagi ini, Kamis (3/5), pertandingan antar robot dalam Kompetisi Robot Indonesia (KRI) akhirnya digelar di Politeknik Negeri Malang. Sebelum acara pembukaan, di babak penyisihan awal, robot tari milik Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kuasai panggung dengan baik.

Alunan musik adat Jawa perlahan berbunyi. Seolah paham bila sudah saatnya menari, dua robot VI-Rose mulai menggerakkan kedua tangannya. Bergerak senada, kedua robot perempuan ini menari lemah gemulai.

Robot bergerak beriringan maju perlahan sesuai arena. Bak penari Remo profesional, keduanya mengenakan pakaian putih lengkap dengan pernak-pernik seperti selendang, selempang, Dan lain-lain. Keduanya menari dengan kompak tanpa ada perbedaan gerak sedikitpun.

BACA JUGA – Dubes Kanada Tinjau Kerjasama Pengembangan Ilmu Aktuaria dengan ITS

Pembina bidang robot seni, M Hilman Fatoni ST MT mengatakan, hingga running test ketiga pada Jum’at (2/5) kemarin, robot milik ITS masih memiliki sedikit kendala. Syukurnya, di penampilan babak pertama tadi, VI-Rose tampil sempurna tanpa ada retry.

“Jika robot jatuh dan peserta menyentuh robot untuk membenarkan, itu yang dikatakan retry. Retry ini akan mengurangi nilai ” jelasnya. Meskipun masih ada beberapa perguruan tinggi yang ia nilai lebih baik, Hilman yakin akan berhasil melaju hingga babak nasional. Robot VI-Rose akan terus menerus dibenahi sembari menuju KRI Nasional Juni nanti. (Red)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 350 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.