Menristekdikti Resmikan Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah




SURABAYA – Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D. Ak., Selasa (12/06) akhirnya meresmikan pendirian Institut Sains dan Teknologi (IST) Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep. Peresmian IST Annuqayah ditandai dengan pemberian SK Ijin Operasional dan penandatanganan prasasti Pendirian IST Annuqayah. Dengan demikian, maka terhitung sejak tanggal 12 Juni 2018, Pondok Pesantren Annuqayah memiliki IST Annuqayah sebagai lembaga pendidikan tinggi yang berada di bawah naungan Kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti).

Dalam sambutannya, Mohamad Nasir menyampaikan bahwa sangat tepat apabila Pondok Pesantren Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep mendirikan Institut Sains dan Teknologi. Beberapa program studi yang diajukan menurutnya sangat penting untuk bangsa Indonesia. Dalam bidang pertanian misalnya, hal ini sejalan dengan Program Kemenristekdikti untuk mengembangkan pangan dan pertanian di Indonesia. Karena harus diakui bahwa Indonesia memiliki lahan pertanian yang luas namun tidak dikembangkan dengan baik.

Pembukaan Prodi Biologi juga sangat tepat terkait dengan perkembangan teknologi mutakhir, yakni di budang neurosains, nanoteknologi dan bioteknologi. Pengobatan modern saat ini dengan memperbaiki genetika, yakni dengan regenerasi sel. Dengan regerasi sel ini, walaupun usia 70 tahun namun bisa memiliki tenaga seusia 40 tahun.

Selain itu, pembukaan Prodi Teknologi Informasi juga diharapkan dapat menjadi solusi dalam mengatasi hoax. Di samping itu, dengan teknologi informasi dapat dimanfaatkan dalam memperluas kesempatan anak bangsa dalam bidang pendidikan, dengan cara pembukaan kelas jauh. Teknologi Informasi juga diharapkan dapat menggerakkan roda ekonomi masyarakat sehingga menjadi lebih sejahtera.“Kehadiran IST Annuqayah harus meningkatkan kesejahteraan warga, terlebih santri,” kata mantan rektor Undip Semarang tersebut.

Untuk diketahui, IST Annuqayah membuka 3 fakultas dan 6 program studi, yakni Fakultas MIPA dengan Prodi Matematika, Kimia, dan Biologi; Fakultas Teknik dengan Prodi Teknologi Informasi dan Teknik Sipil; serta Fakultas Pertanian dengan Prodi Teknologi Hasil Pertanian (THP).

Kegiatan Silaturrahmi dan Peresmian Institut Sains dan Teknologi Annuqayah ditutup dengan Doa yang dipimpin oleh Ketua Dewan Pengasuh PP. Annuqayah, KH. Abd. Muqsiith Idris. Selanjutnya, Menristekdikti bersama rombongan melakukan buka bersama dan ramah tamah dengan seluruh Pengasuh PP. Annuqayah Guluk-Guluk Sumenep (red.)

Sumber : www.voila.id

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 345 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.