Jalin Kerjasama Internasional: Duta Besar Pakistan Mengunjungi ITS





SURABAYA – Duta besar Pakistan untuk Indonesia dan ASEAN, H.E Abdul Salik Khan yang didampingi oleh Deputy head of mission kedutaan Pakistan untuk Indonesia, Mr. Sajjad Haider Khan mengunjungi Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya pada hari Rabu (20/02/2019). Kedatangan Duta Besar Pakistan tersebut disambut dengan antusias oleh Wakil Rektor IV ITS Prof, Dr. Ketut Buda Artana, ST., M.Sc, yang mewakili rektor ITS karena sedang berada di Australia. Beberapa Dekan dan staf International Office ITS juga turut hadir menyambut beliau. Kunjungan kerja yang berlangsung di Gedung Rektorat ITS itu berlangsung sangat akrab dan menjadi tahap inisiasi kerjasama antara kedua belah pihak.

Kunjungan ini berawal dari undangan sebagai keynote speaker pada Sri Fatmawati, Ph.D dan sebagai invited speaker kepada Adi Setyo Purnomo, Ph.D, pada tanggal 11-12 Februari 2019, di1st International Conference onDrug Discovery against Cancer and other Diseases (DDCD), yang dilaksanakan di University of Swabi, Khyber Pakhtunkhwa, Pakistan. Keduanya adalah dosen Jurusan Kimia Fakultas Sains ITS.

Selain itu, Sri Fatmawati, Ph.D yang akrab dipanggil Fatma ini juga mendapat kesempatan untuk berkunjung selama 3 hari, pada tanggal 13-15 Februari 2019 ke International Center for Chemical and Biological Sciences (ICCBS) – University of Karachi, sekaligus diundang untuk memberikan kuliah umum kepada mahasiswa dan akademisi disana. Kuliah tersebut bertempat di L.E.J. National Science Information Centre dan disiarkan langsung melalui video conference ke seluruh Pakistan melalui Virtual Education Project Pakistan.

BACA JUGA – ITS Serahkan Prototype Sistem Penggerak Tram Listrik ke PT INKA

Sepulang dari Pakistan, keduanya berkesempatan bertemu dengan duta besar Pakistan H.E Abdul Salik Khan dan menyatakan kesan yang sangat baik kepada keduanya.

“Pakistan memiliki research center kelas dunia dan juga peneliti kaliber dunia. Ini kesempatan yang positif, supaya kita terpacu dengan riset kita dan dapat berbuat lebih baik lagi untuk kemajuan bangsa“, tutur Ibu Fatma, yang saat ini juga sebagai The President of Organization for women in science for the developing world (OWSD) – Indonesia National Chapter.

H.E Abdul Salik Khan dengan senyumnya yang khas, menyampaikan bahwa beliau sangat berharap kunjungan ini menjadi pondasi yang kuat untuk kerjasama antara kedua belah pihak ke depannya. Pihak ITS juga berharap dengan adanya kerjasama ini, maka kedepannya mahasiswa ITS dapat melakukan penelitian, internship, student exchange serta hal lainnya dengan perguruan tinggi yang ada di Pakistan, demikian juga sebaliknya. Melalui kerjasama ini, diharapkan juga dapat menjadi wadah untuk membangun jaringan dan persahabatan dalam dunia internasional. (Red)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 466 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.