ITS Run Pererat Ikatan Alumni dan Stakeholder




Surabaya – Menyongsong puncak hari jadinya atau Dies Natalis ke-59 pada 10 November mendatang, Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggelar kegiatan olahraga ITS Run 5.9K, Minggu (27/10). Kegiatan yang diikuti sedikitnya 1.500 orang ini bertujuan lebih mempererat ikatan antara ITS dengan alumni dan stakeholder di luar kampus.

Denny Indrayana Setyadi ST MDs, salah satu koordinator ITS Run mengungkapkan, event ang dibuka oleh Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari M Eng ini merupakan sarana untuk memperkenalkan ITS lebih dalam lagi ke masyarakat luas. Sebagaimana banyak pihak alumni maupun stakeholder ITS yang selalu mendukung dalam pengembangan teknologi di ITS. Hal ini tampak dari teknis pelaksanaan ITS Run sendiri yang mengajak para peserta untuk lari di dalam lingkup ITS. “Jalur track yang dipilih ialah jalur yang bisa merepresentasikan ITS itu sendiri,” tuturnya.

Adapun jalur track lari dimulai dari start di Taman Alumni ITS, ke arah Asrama Mahasiswa ITS, lalu putar balik ke arah gedung perumahan dosen, gedung Research Center ITS, gedung Desain Produk Industri, gedung Perencanaan Wilayah dan Kota, melewati Jalan Raya Mulyosari hingga akhirnya kembali finish ke Taman Alumni ITS.

Dari 1.500 peserta tersebut, 10 persennya merupakan mahasiswa ITS dan kurang lebih 400 orang berasal dari Jawa Barat dan Jakarta. “Saya yakin mereka (400 orang, red) adalah para alumni ITS,” ungkap Denny. Selebihnya berasal dari para stakeholder dan mitra ITS.

Secara filosofis, Denny mengaku, ITS Run memiliki arti bahwa ITS siap berlari mengejar pencapaian teknologi lewat karya-karya dan inovasi kreatif. Secara tidak langsung pula, ITS Run mengajak para stakeholder maupun alumni ITS untuk bersama-sama dalam mencapai impian tersebut. Tak hanya itu, jarak lari 5,9 kilometer sendiri juga merupakan cermin filosofi dari peringatan ulang tahun ITS yang ke-59.

BACA JUGA – Jelang Dies Natalis ke-59, ITS Hidupkan Festival Dolanan

Mengusung tema Kreativitas dan Teknologi, event yang baru kali pertama diadakan ini tidak hanya mengajak peserta untuk berkompetisi lari, tapi juga menyuguhkan bazar kreatif untuk dinikmati. Bazar kreatif ini diakui sebagai upaya untuk membuat pengunjung berada di lingkungan ITS dalam waktu yang lebih lama.

Denny menambahkan, alasan pemilihan event ITS Run sendiri disebabkan karena event tersebut dinilai cukup efektif dalam menghubungkan stakeholder maupun alumni ITS. “Ada yang datangnya per kelompok, lalu setiap kelompok itu bertemu, jadi kenal satu sama lain,” tambah dosen Desain Komunikasi Visual (DKV) ITS itu.

Denny berharap, ITS Run dapat dipertahankan eksistensinya menjadi agenda tahunan di ITS. Ia juga mengamini pelaksanaan dari ITS Run agar jauh lebih baik dan lebih besar dari segi acara. “Serta dapat menarik lebih banyak peserta untuk bergabung,” pungkasnya.

Sementara itu, dari total peserta yang mencapai finish tercatat juara dari kategori putra dan putri. Adapun juara pertama dari kategori putra disabet oleh Angga Pranata (24 tahun) dengan waktu tempuh 20 menit tujuh detik. Untuk juara pertama dari kategori putri ialah Sandriya Vie Amanillah (13 tahun) asal Pasuruan dengan waktu tempuh 24 menit 11 detik. (Red)

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 502 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.