Desa Bali : Nuansa Kental Budaya Indonesia di Hainan Cina




Oleh: Sholikhul Huda, M.Fil.I.*

Salah
Salah Seorang Peserta Study Wisata Ke Desa Bali

Beberapa Dosen UMSurabaya usai saja melakukan Study Wisata di Negeri Tirai Bambu, tepatnya di Provinsi Hainan, Negara Cina. Agenda berlangsung selama 5 hari (1-5/11), dikuti sekitar 50 orang dengan dipimpin langsung oleh Bapak Dr. Ridlwan (Warek 2) dan Bapak Dr. Makhsun (Warek 3) UMSurabaya.

Muhibah Study Wisata tersebut tentu telah banyak memberi pengalaman, baik ilmu dan juga cerita unik sekaligus menarik tentang budaya dan keseharian masyarakat Cina, terutama di Provinsi Hainan.

Jika ada suatu Mahfudhot “Uthlubul ilma walau bishinn” yang berarti belajarlah sampai ke negeri Cina. Menjadi sangat tepat karena kita saat ini telah melihat perkembangan Cina yang pesat dalam berbagai hal, mulai budaya, ekonomi, infrastruktur serta ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selama perjalanan Muhibah ada beberapa pengalaman baru yang menurut saya unik dan memberikan pengetahuan baru. Pengalaman ini akan saya tulis dalam beberapa catatan bertemakan, “Sinau (Belajar) di Negeri Cina”.

Sinau Ketiga, DESA BALI Nuansa Kental Budaya Indonesia di Hainan Cina

Desa Bali terletak di daerah Xinlog 90 menit dari Kota Sanya Provinsi Hainan. Daerah Xinlong memiliki suasana dan cuaca tropis mirip di Indonesia yang juga tropis.

Sejarah keberadaan Desa Bali di Xinlong Hainan Cina, diceritakan oleh Mrs. Clara ( Tourgate) bahwa sejarah awal Desa Bali merupakan tempat penampungan imgran Cina dari Asia Tenggara tahun 1960-an, termasuk imgran Cina Bali Indonesia.

Menurut Mrs.Clara imgran Cina Bali-Indonesia ke Hainan Cina diprediksi akibat dari peristiwa G 30 S PKI Tahun1965. Peristiwa politik ini salah dampaknya adalah etnis Cina di Indonesia.

Salah Satu spot tempat pertunjukan tari yang berada di lokasi desa bali

Proses imgrasi tersebut menjadikan adanya proses asimilasi budaya antara imgran Cina Bali Indonesia dengan warga Xinlong Hainan Cina. Dari proses inilah kemudian dibangun Desa Bali di Xinlong Hainan sebagai bagian dari pelestarian serta kenangan budaya para imgran Cina Bali di Hainan.

Nuansa kental budaya Bali terasa betul disaat Saya berkunjung ke Desa Bali di Xinlong Hainan, sehingga kita terasa lagi berlibur di Bali bukan di Cina.

Saat masuk kita sudah disambut didepan pintu masuk Di Desa Bali dengan dua gapura dengan arsitektur Candi Bantar khas Bangunan Di daerah Bali.
Selain itu yang menarik pula kita juga menyaksikan pertunjuka kesenian tari khas Indonesia di Desa Bali di Xinlong Hainan. Diantranya tari poco-poco diiringi musik rasa sayange dan lagu2 yang populer di Indonesia serta tarian khas Bali.

BACA JUGA – Milad Muhammadiyah, Pendidikan Dan Gojek


Desa Bali ini semakin asri dengan banyaknya taman dan pohon kehiajauan dan sangat unik artistik dengan lukisan, patung, dan ornamen khas kerajinan di Bali Indonesia. Sehingga kita merasa sedang berlibur di Bali padahal sedang di Hainan Cina. (Red)

*) Kepala PPAIK UM Surabaya & Direktur Lembaga Kajian-Riset Kedai Jambu Institute/KJI Jombang Indonesia.

Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 502 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*


This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.