Kumpulan Cerita Anak “Aku Anak Berkarakter”

Judul: Kumpulan Cerita Anak “Aku Anak Berkarakter”

Penulis: Ryn Rizky Rahman dkk

Editor: Sujinah

Layout dan Tatak Letak: Rochman

Penerbit: Revka Prima Media

Jumlah Halaman: 248 halaman

Tahun Terbit: 2019

ISBN: 978-602-417-212-1

Buku kumpulan cerita anak ini berisi dua puluh delapan (28) judul cerita anak yang bermuatan kearifan lokal, yang bertujuan sebagai sarana/media/upaya penumbuhan  budi pekerti atau karakter pada peserta didik di sekolah dasar. Cerita-cerita anak dalam buku ini ditulis oleh mahasiswa semester IV (empat) yang sedang belajar menulis cerita pendek. Sebagai produk pertama, kami cukup berbangga karena mampu menerbitkan buku kumpulan cerita anak ini. Walau tidak mudah untuk menyelesaikan karya ini, karena diperlukan kerja sama yang baik serta komitmen yang tinggi. Tanpa kerja sama dan komitmen yang tinggi sulit untuk mewujudkan karya bersama apapun jenisnya.

Buku ini telah direview oleh cerpenis Surabaya, Bapak Shoim Anwar. Beliau seorang cerpenis yang sudah banyak menghasilkan karya berupa cerpen. Dengan harapan buku kumpulan cerita anak ini semakin berkualitas, sehingga mampu membantu untuk meningkatkan literasi membaca peserta didik. Cerira-cerita yang ada di dalamnya sudah dua kali diimplementasikan di Madrasah Ibtidaiyah dan mampu membuat peserta didik mendapat cerita yang mengesankan, bahkan peserta didik mampu untuk mengungkapkan karakter apa saja yang muncul dari cerita-cerita yang ada di dalam buku kumpulan cerita Anak ini.   

Buku kumpulan cerita anak ini juga diharapkan mampu menginspirasi peserta didik yang membacanya, sehingga bisa dijadikan sarana penumbuhan budi pekerti atau karakter anak. Selain itu, diharapkan peserta didik yang membaca buku ini juga terinspirasi untuk membuat cerita sejenis sesuai dengan kearifan lokal (local wisdom) di masing-masing tempat tinggal mereka.

Penyusunan buku Kumpulan Cerita Anak, Aku Anak Berkarakter ditulis dengan usaha seoptimal-optimalnya, dengan harapan menghasilkan karya terbaik. Karya yang memuat cerita anak yang bermuatan kearifan lokal sehingga berfungsi sebagai sarana penumbuhan karakter terutama 18 karakter yang dicanangkan oleh Kemendikbud. Kedelapan belas karakter tersebut, yakni religius,  jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, senang membaca, peduli sosial, peduli lingkungan, dan tanggung jawab.

Pada kesempatan ini ucapan terima kasih kami sampaikan kepada Direktorat Riset dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRPM) Ristekdikti yang telah memberikan bantuannya untuk penelitian, yang salah satunya menghasilkan karya ini melalui hibah Penelitian Terapan Unggulan Perguruan Tinggi (PTUPT) tahun ketiga tahun anggaran 2019. Bantuan DRPM didasarkan pada Surat Keputusan Nomor 7/E/KPT/2019 dan Perjanjian/Kontrak Nomor 113/SP2H/LT/DRPM/2019 tanggal 11 Maret 2019 dan Nomor  009/SP2H/LT/MONO/l7/2019 TANGGAL 26 Maret 2019 serta surat kontrak nomor 02/II.3.SP/L/IV/2019. Terimakasih juga kami sampaikan kepada pimpinan Universitas Muhammadiyah Surabaya yang sangat memberikan support pada penelitian ini. Ucapan terimakasih juga kami ucapkan kepada para penulis yang tidak bisa disebutkan satu persatu atas kesungguhan dan keseriusannya dalam menghasilkan karya ini. Terimakasih juga kepada reviewer dan semua pihak yang ikut terlibat dalam mewujudkan karya ini.Tiada gading yang tak retak. Tentunya karya ini masih jauh dari kata sempurna, baik teknik penulisan, penggunaan bahasa, maupun konten ceritanya. Saran dan masukan yang membangun sangat kami harapan. Apa pun adanya, kami tetap berharap semoga buku Kumpulan Cerita Anak ini bermanfaat dalam membangkitkan literasi membaca dan menulis serta mampu berfungsi sebagai sarana penumbuhan budi pekerti/karakter anak bangsa. Aamiin.



Rumah Pendidikan
About Rumah Pendidikan 518 Articles
RAPIDO adalah Rumah Pendidikan Indonesia. Website ini adalah rumah bagi seluruh masalah pendidikan di Indonesia untuk didialogkan dan didiskusikan. Karenanya website ini bukan hanya media guru dalam mengaspirasikan permasalahannya, akan tetapi media bagi pemegang kebijakan (pemerintah) dalam mengambil setiap kebijakannya.

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.




This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.